Sungai, hutan dan lingkugan merupakan bagian alam yang diciptakan Tuhan Yang Maha Esa yang berfungsi sebagai penyedia air pengendali banjir dan sungai merupakan habitat bagi mahluk hidup dan tumbuhan air serta berbagai jenis ikan dan macam tumbuhan dan tanaman yang hidup di sekitar sungai.

Bapak kepala Desa Winong Beserta Rombongan. Dok.Muda

Sungai menjaadi salah satu tempat sumber air yang dimiliki Desa Winong ini harus diperhatikan kelestariannya diharapkan lima atau sepuluh tahun mendatang sumber air yang ada di Desa Winong tetap ada dan terjaga keberadaannya. Oleh karena itu kepala Desa Winong berencana melakukan kegiatan penghijauan,penanaman pohon yang dapat berfungsi sebagai penahan dan penyimpan air.Direncanakan penanaman pohon dilakukan sepanjang sungai yang ada di Desa Winong yakni Dusun Branjang sampai Dusun Winong yang berjarak sekitar 3,5 KM.

Dok.Muda

Selain sebagai bentuk penghijauan dan penyimpanan air, rencana penghijauan ini juga bertujuan untuk mengikat tanah, karena mengingat Desa Winong merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi longsor terlebih jika musim hujan seperti kali ini. sebagai upaya untuk menunjang keberhasilan program atau kegiatan tersebut, pemerintah Desa Winong Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, kemarin pada hari sabtu tanggal 25 januari 2020 mendatangkan tim ahli dari salah satu perguruan tinggi di Jawa Timur, secara Bersama-sama melakukan kegiatan pendataan,mengklaster dan mengobservasi lingkungan di sepanjang sungai yang berada di lokasi Dusun Winong dan Dusun Branjang.

Diharapkan dengan penanaman pohon, sumber air yang berada di Desa Winong tetap terjaga dan memberi manfaat bagi warga serta mahluk hidup lainnya

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?